Pengelolaan Pembelajaran Soft Skill di UPT BLK Kabupaten Rembang

Penulis

  • Inggil Wijayatika Universitas Negeri Semarang
  • Abdul Malik Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.180685/lej.v2i1.41

Kata Kunci:

Balai Latihan Kerja, Pengelolaan Pembelajaran, Soft Skill

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis proses pengelolaan pembelajaran soft skill di UPT BLK Kabupaten Rembang, dan mendeskripsikan hasil pengelolaan pembelajaran soft skill di UPT BLK Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada pengelolaan pembelajaran soft skill di UPT BLK Kabupaten Rembang diantaranya yaitu proses pengelolaan pembelajaran soft skill dan hasil dari pengelolaan pembelajaran soft skill di UPT BLK Kabupaten Rembang. Terdapat tiga tahapan dalam proses pengelolaan pembelajaran yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, dan 3) Evaluasi. Hasil pengelolaan pembelajaran soft skill dapat menunjang keterampilan peserta didik dari hasil pembelajaran pelatihan kejuruan komputer dengan adanya pembelajaran soft skill yang menjadi point tambah tersendiri dalam meningkatkan keterampilan peserta didik untuk digunakan di dunia pekerjaan. Keberlangsungan kedepan hasil dari pengelolaan pembelajaran soft skill dapat meminimalisir pengangguran dan membuka lapangan pekerjaan baru yang berpengaruh besar untuk dunia kerja. Adanya pembelajaran soft skill dapat menunjang hasil pembelajaran materi komputer yang berpengaruh terhadap wawasan keterampilan peserta didik. Diadakannya pembelajaran soft skill untuk meningkatkan produktivitas kerja sebagai pendukung sertifikat uji kompetensi yang dimiliki para lulusan.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afifah, N., & Panggabean, S. (2019). Hubungan Berfikir Kreatif dan Softskill Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. 6(1), 64–75.

Alfiati, D. A., & Kisworo, B. (2017). Manajemen Pelatihan Praseleksi Program Pemagangan ke Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja Jiritsu. Universitas Negeri Semarang, 8(9), 101–118.

Aryanti, T., Supriyono, & Ishaq M. (2018). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan. Jrunal Pendidikan Nonformal, 10(1), 1–13. Diambil dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13674

Ekosiswoyo, R., Sutarto, J., & Rifai RC, A. (2016). Pendidikan Nonformal Teori dan Kebijakan. Semarang: Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Unnes.

Hidayat, D. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kewirausahaan Masyarakat Program Kejar Paket C. Journal of Nonformal Education, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.15294/jne.v3i1.8727

Irawati, R. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Pembinaan Terhadap Pengembangan Usaha Kecil. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 12(1), 74–84. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i1.18

Khairunnisa, A., & Solihah, H. (2016). Pengaruh Kreativitas Pendidik Anak Usia Dini Terhadap Kemandirian Anak di Taman Kanak-Kanak Se-Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor. 1(1), 59–76.

Putri, Y. E., Nuraina, E., & Styaningrum, F. (2019). Peningkatan Kualitas Hard Skill Dan Soft Skill Melalui Pengembangan Program Teaching Factory (TEFA) Di Smk Model PGRI 1 Mejayan. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 7(2), 26–33.

Rokhayati, A., Kambara, R., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Soft Skill dan Perencanaan Karir Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kualitas Pelatihan Sebagai Variabel Modertor. Jurnal Riset Bisnis dan Manajement Tirtayasa, 1(2), 107–125.

Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). Efektivitas Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Dengan Macro Powerpoint Bagi Guru. Research and Development Journal of Education, 6(2), 31. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i2.6107

Sutarto, J. (2007). Pendidikan Nonformal Konsep Dasar, Proses Pembelajaran & Pemberdayaan Masyarakat. Semarang: UNNES PRESS.

Syafaruddin, & Nasution, I. (2005). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.

Wahyu, M. N., Sutiarso, S., Bharata, H., Magister, P., Matematika, P., Lampung, U., & Lampung, K. B. (2020). Pembelajaran Soft Skill Komunikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. 04(01), 406–413.

Zainuddin, M., Hartini, N., Hendriani, W., Soeratri, W., Puspaningsih, N. N. T., Mustofa, I., … Alamsjah, M. A. (2010). Melejitkan Soft Skills Mahasiswa. Surabaya: Airlangga University Press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-30

Cara Mengutip

Wijayatika, I., & Malik, A. (2022). Pengelolaan Pembelajaran Soft Skill di UPT BLK Kabupaten Rembang. Lifelong Education Journal, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.180685/lej.v2i1.41

Terbitan

Bagian

Artikel