Identifikasi Berbagai Olahan Ikan Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Banyu Biru Pandeglang Banten

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.180685/lej.v2i1.78

Kata Kunci:

Pemberdayaan Masyarakat, olahan ikan

Abstrak

Studi pendahuluan yang dilakukan diperoleh informasi bahwa permasalahan yang sering dihadapi masyarakat kelompok usaha pengolahan ikan adalah terbatasnya pengetahuan tentang produksi ikan olahan, desain dan manajemen dalam hal variasi pengolahan makanan ikan, seperti: ikan asin, pindang ikan, ikan otak-otak. Hasil observasi langsung (20 Januari 2020), Usaha pengolahan ikan ini telah ditekuni secara turun temurun dari keluarga dimana hasil penjualannya mengalami penurunan dari tahun ke tahun akibat perubahan iklim dan belum adanya teknologi yang mendukung produksi variasi makanan. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan tentang produksi ikan olahan, desain, dan manajemen kewirausahaan, agar pengolahan ikan menjadi maksimal. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan responden adalah orang tua sebanyak 10 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih minimnya keterampilan dan pemahaman masyarakat desa teluk dalam pengelolahan ikan dalam berbagai ragam olahan pangan, sehingga perlu adanya tindak lanjut yang diberikan untuk dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat desa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Desa Teluk. 2018. Profil Desa Teluk. diakses www.teluk.desa.id. pada tangal 20 Agustus 2018.

Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. 2015. Rencana Strategis Kementerian Kelautan dan Perikanan 2015-2019. Jakarta.

Oktaviana, Selvia, dkk. 2015. Analisis Degradasi dan Depresiasi Sumber Daya Ikan Demersal Pada Perikanan Dogol. Jurnal Marine Fishseries, Vol. 6 No. 2, November 2015: 119-125.

Pusat Data Statistik dan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2013. Profil Kelautan Dan Perikanan Provinsi Banten Untuk Mendukung Industrialisasi KP. Jakarta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-30

Cara Mengutip

Dalimunthe, R. Z., & Siregar, H. (2022). Identifikasi Berbagai Olahan Ikan Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Banyu Biru Pandeglang Banten. Lifelong Education Journal, 2(1), 42–46. https://doi.org/10.180685/lej.v2i1.78

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama