Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Online (Daring) di Masa Pandemi Covid-19
Studi pada orang tua yang memiliki anak usia 6-12 tahun di Kampung KB Sukapala Kelurahan Gunung Gede Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.180685/lej.v2i1.82Kata Kunci:
Peran Orang Tua, Pembelajaran Online, Covid-19Abstrak
Orang tua di kampung KB Sukapala Kelurahan Gunung Gede Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya dengan adanya kegiatan pembelajaran Online (daring) sebagian orang tua bersusah payah untuk mendukung atau melengkapi kebutuhan belajar di masa pandemi Covid-19. Pihak sekolah seperti tenaga pengajar atau guru tidak hanya mampu memberikan materi-materi akan tetapi dapat mengerti dan memahami kondisi sosial, lingkungan dan ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran Online (daring) di masa pandemi Covid-19. Metode peneletian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunkan model Miles dan Huberman dengan beberapa alurs yakni data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclustion drawing (kelurahan). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa orang tua berperan sebagai pendidik seperti sebagai guru di rumah lalu mendorong anak dengan motivasi serta menjadi fasilitator untuk memenuhi kebutuhan belajar dan orang tua juga membimbing dengan penuh arahan.
Unduhan
Referensi
Buku:
Djamarah, Syiful bahri. 2006. Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dalam Keluarga. Jakarta : Rineka Cipta.
Helmawati. 2018. Pendidikan Keluarga. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Jahja, Yuridik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Kodwara, Deded. 2013. Pendidikan Anak Bekebutuhan Khusus Berkesulitan Belajar Spesifok. Jakarta : PT Luxima Metro Media.
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Marzuki, Ismail. 2021. Covid-19 Seribu Satu Wajah. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Munir. 2012. Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
M. Dalyono.2005.Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Nata. A. 2009. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rinek Cipta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Proresif. Jakarta : Kencana.
Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:
Hamid, Abdul. 2015. Efektivitas Implementasi LMS (Learning Management System) Efront terhadap Minat dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK Negeri 8 Semarang.
Jimmi, Victor. 2017. Peran Orang tua dalam meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Palembang. (Skripsi). UIN Raden Fatah.
Khoirunnisa. 2020. Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Strategi Pembelajaran dan Capaian Hasil Belajar pada Siswa Kelas III B MI AL-ITTIHAAD Citrasono Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Megara Salatiga.
Rahmatiah, S, D. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Metode Asynchronous Learning di UPT SPF SMP Negeri 53 Makassar. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pedidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sari, Novita. 2021. Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Online dan Hasil Belajar Siswa Kelas III MI-Al-Islam. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Artikel dalam Jurnal:
Aji, Syah Halal Rizqon. 2020. Dampak Covid-19 Pada Pendidikan di Indonesia Sekolah, Keterampilan, dan Proses Belajar. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 7 (5), 395-340. DOI : 10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Cahyati. N, Kusumah, R. 2020. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi. 04 (1) 152-159. E-ISSN : 2549-7367
Eliza, 2017. Analysis Of Factors Affecting Stundent Learning Results On Mathematics.Jurnal Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Indonesia. 1 (2), 153-164.
Herlambang, D. A. Hidayat, N. W. 2016. Edmodo Untuk Meningkatkan Kualitas Perencanaan Proyek dan Efektifitas Pembelajaran Di Lingkungan Pembelajaran Yang Bersifat Asinkron. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK). Vol. 3 No. 3 Hlm. 180-187
Lilawati, Agustine. 2021. Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah Pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 549-558. DOI : 10.31004/obsesi.v5i1.630
Pane, A. Dasopang, D.M. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. 3 (2) 333-352. E-ISSN : 2460-2345
Sadikin, Ali dan Hamidah, Afreni. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6 (2), 214-224. DOI : 10.22437.biov6i2.9759
Safitri. N, Hamidah. A. 2021. Pelaksaaan Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19 Pada Kelompok Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai Universitas Pancasakti Bekasi. 5 (2), 4387-4395. ISSIN : 2614- 3097
Sari. P. R, Tusyantari. N.B, Suswandari, M. 2021. Dampak Pembelajaran Daring bagi Siswa Sekolah Dasar selama Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 2 (1), 9-15. DOI : 10.37478.jpm.v2i1.732
Sofyana. L. dan Rozaq. A. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. 8 (1), 2548 -4265. E-ISSN : 2548-4265
Trisnawati. W, dan Sugito. 2021. Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5 (1) , 823-825. DOI : 10.31004/obsesi.v5i1.710
Mastura, Rustan Santaria. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 3(2), 292-293. DOI : 10.30605/jsgp.3.2.2020.293
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Lifelong Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.