Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi Pada Lembaga Sosial SOS Children’s Village, Kota Medan

Penulis

  • Aisyah Anggreni Universitas Negeri Medan
  • Jubaidah Hasibuan Jurusan Pendidikan Masyarakat, Universitas Negeri Medan
  • Jihan Sunita Jurusan Pendidikan Masyarakat, Universitas Negeri Medan
  • Nabila Abnulia Lubis Jurusan Pendidikan Masyarakat, Universitas Negeri Medan
  • Nurhasanah Jurusan Pendidikan Masyarakat, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.180685/lej.v2i2.84

Kata Kunci:

supervisi, monitoring, evaluasi, SOS Children’s Village

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil mengenai Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi yang dilakukan terhadap standar pendidikan di lembaga SOS Children's Village, Kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian dari dilakukannya supervisi terhadap standar pendidik dan tenaga kependidikan adalah ditemukan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan pada SOS Children's Village dikenal dengan sebutan educator, ibu asuh, dan tante yang mengabdi atas panggilan jiwa. Sedangkan hasil supervisi pada standar kompetensi lulusan adalah SOS berupaya mengedepankan life skill kepada anak-anak asuhnya dengan harus memiliki minimal 1 life skill, dan difasilitasi. Hasil monitoring terhadap standar sarana dan prasarana adalah ditemukan bahwa standar sarana dan prasarana yang dimiliki oleh lembaga SOS dikategorikan baik dan dilakukan pemeliharaan agar tetap dalam kondisi yang baik atau siap guna. Sedangkan hasil monitoring terhadap standar pembiayaan SOS mencukupi kebutuhan ekonomi hingga memberikan pendidikan yang sangat layak bagi anak asuh. Serta yang terakhir dari hasil evaluasi terhadap standar isi ditemukan bahwa SOS Children’s Village memberikan dua program yaitu SFC (SOS Family Care) dan FSP (Family Strengthening Program). Sedangkan berdasarkan hasil evaluasi proses terhadap pengelolaan SOS Children’s Village bahwa program yang ada berjalan dengan baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adrianto, L, A. 2010. Kinerja Tutor Dalam Proses Pembelajaran Paket C. Jurnal Ilmiah VISI PTK PNF, 5 (2), 120-134.

Astuti,F,K. 2018. Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Warga Belajar (WB) Keaksaraan Fungsional Buruh Gendong di Yayasan Annisa Swasti. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7 (5), 537-549.

Deliati,dkk. 2015. Profesi Kependidikan. Bandung : Citapustaka Media.

Fadhilah,dkk. 2014. Manajemen Kesiswaan Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Cot Gue Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2 (1), 89-96.

Fauzi,H. 2009. Organisasi Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Fitria,Bella Okta.dkk. Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan.

Komariah, N. 2018. Konsep Manajemen Keuangan Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 6 (1), 67-94.

M.Feralys Novauli. 2015. Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3 (1), 45-67.

Muzaqi,Moh.dkk. 2008. Analisis Kompetensi Tutor Pendidikan Kesetaraan Program Paket B di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, 3 (1), 5-15.

Nasbi,I. 2017. Manajemen Kurikulum : Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Idaarah, 1 (2), 318-330.

Nasrudin,dkk. 2018. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Pembelajaran di SD. Jurnal Managemen Pendidikan, 13 (1), 15-23.

Rohman,M. 2016. Problematika Guru dan Dosen dalam Sistem Pendidikan Nasional. 2016. Jurnal Cendekia, 14 (1), 49-71.

Rugaiyah, dkk. 2018. Profesi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Siswantari. 2011. Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Pendidikan Nonformal.. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17 (5), 539-553.

Syamsuddin, E. 2008. Optimalisasi Peran Tutor Inti Sebagai Tim Teaching dan Peer Tutoring.. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, 3 (2), 184-189.

Uno, B. Hamzah. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Yustiani,G.dkk. 2015. Peran Tutor Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Mandiri. Jurnal Pendidikan Nonformal dan Informal, 7 (2), 1-17.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-31

Cara Mengutip

Anggreni, A., Hasibuan, J., Sunita, J., Abnulia Lubis, N., & Nurhasanah. (2022). Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi Pada Lembaga Sosial SOS Children’s Village, Kota Medan. Lifelong Education Journal, 2(2), 85–93. https://doi.org/10.180685/lej.v2i2.84

Terbitan

Bagian

Artikel