Model Magang Pendidikan Informal

Penulis

  • Mira Nurlela Universitas Siliwangi
  • Adang Danial Universitas Siliwangi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kota Tasikmalaya
  • Lulu Yuliani Universitas Siliwangi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kota Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.59935/lej.v2i2.121

Kata Kunci:

Model Magang, Pendidikan Informal, Pengrajin Kayu

Abstrak

Model magang merupakan program pelatihan yang di berikan kepada warga belajar oleh pamong belajar atau sumber belajar yang berpengalaman dalam bidang kerajinan dan produksi dengan menerapkan dalam pendidikan informal dimana pembelajaran ini di lakukan di lingkungan masyarakat yang mana pemilik industri menerapkan pembelajaran dengan asas kekeluargaan serta ikut serta dalam memberikan arahan pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses model magang pendidikan informal pada pengrajin kayu di industri kerajinan kayu di Kelurahan Sukahurip, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan karena ditemukan adanya salah satu home industry kerajinan kayu yang menerapkan model magang pendidikan informal pada pengrajin kayu tanpa ada campur tangan dan dukungan dari pemerintah setempat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Model Magang Pendidikan Informal yang berdasarkan analisis penelitian di lapangan dilakukan oleh pemilik industri kerajinan kepada pengrajin atau pemagang yang mencakup pada 10 patokan DIKMAS. Pelaksanaan magang di laksanakan oleh pemilik yang di awali dengan perekrutan warga belajar yang berasal dari lingkungan sekitar dan dari luar. Proses pelatihan dalam pembelajaran di lakukan dalam beberapa tahapan yaitu tahap pembuatan pola, pemotongan kayu, bubut kayu, mengamplas kayu dan pemanggangan kayu. Setelah proses pembelajaran warga belajar memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam pembuatan kerajinan bahkan ada yang perpindahan profesi menjadi pemagang mandiri. Simpulan dari penelitian ini yaitu model magang pendidikan informal dilakukan pemilik industri kerajinan dengan asas kekeluargaan di mana dalam proses pembelajaran warga belajar di bimbing langsung oleh pemilik sendiri dan dari segi biaya relatif murah sehingga tidak membebankan warga belajar kemudian warga belajar dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan bahkan kemampuan dalam pembuatan kerajinan dan adanya perpindahan profesi yang tadinya pemagang di industri menjadi pemagang mandiri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Darmawan, D. (2017). Penerapan Model Pelatihan On The Job Training (Magang) Dalam Pelatihan Otomotif. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah, 2 (2), 153.

Djamaluddin, A. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Pare: CV. Kaffah Learning Center.

Hatimah, I. (2015). Regulasi dan Implementasi Pendidikan Informal. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13 (1), 196.

Indrahti, S. (2019). Keterampilan Turun Menurun di Kalangan Perajin Monel Jepara. Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 2 (2), 150-157.

Kamil, M. (2003). Model Pembelajaran Magang Bagi Peningkatan Kemandirian Warga Belajar. Dinamika Pendidikan, 1 (10), 20.

Mu'in, F. (2011). Pendidikan Karakter, Konstruksi Teoretik dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nazir. (2009). Metode Penelitian. Bogor: Galia Indonesia.

Saleh, M. (1992). Strategi dan Model Pelatihan, Suatu Pengetahuan Dasar Bagi Instruktur dan Pengelola Lembaga Pelatihan Kursus dan Penataran. Malang: IKIP.

Sudiapermana, E. (2009). Pendidikan Informal. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4 (2).

Sudjana. (2003). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri. (2000). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Fakultas Psikologi Unpad.

Sumitro. (1998). Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: IKIP.

Sunhaji. (2013). Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Kependidikan, 1 (1), 7-8.

Suprijanto. (2009). Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Aksara.

Tirtarahardja, U., & La Sulo. (1994). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Winarti, A. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Cara Mengutip

Nurlela, M., Danial, A., & Yuliani, L. (2023). Model Magang Pendidikan Informal. Lifelong Education Journal, 2(2), 117–125. https://doi.org/10.59935/lej.v2i2.121

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama