Model Operasional Pelatihan Pada Balai Latihan Kerja Tasikmalaya dalam Menyiapkan Tenaga Kerja Profesional
DOI:
https://doi.org/10.59935/lej.v2i2.126Kata Kunci:
Model Operasional pelatihan, Balai Latihan KerjaAbstrak
Menurut Badan Pusat Statistika, angka pengangguran di Kota maupun Kabupaten Tasikmalaya jumlahnya cukup tinggi, maka salah satu solusinya yaitu melalui pelatihan di Balai Latihan Kerja dengan menyiapkan tenaga kerja yang profesional. Untuk keberhasilan penyelenggaraan suatu pelatihan maka dibutuhkan model pelatihan yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana model operasional pelatihan pada Balai Latihan Kerja Tasikmalaya dalam menyiapkan tenaga kerja profesional. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deksriptif, jenis pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan melalui pedoman observasi dan wawancara. Teknis analisis data menggunakan beberapa tahapan seperti reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah model operasional pelatihan yang digunakan oleh Balai Latihan Kerja Tasikmalaya dalam menyiapkan tenaga kerja profesional yaitu dengan Model Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) yang artinya pelatihan kerja yang akan berfokus pada hasil akhir (Outcome). Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan menjadi tenaga kerja yang kompeten dan profesional. Jenis pelatihan diantaranya Pelatihan Institusional yang pelaksanaanya dilaksanakan di kantor Balai Latihan Kerja dan Mobile Training Unit (MTU) yang pelaksanaannya di tempat tinggal warga setempat. Dengan langkah-langkah diantaranya : Identifikasi Kebutuhan Pelatihan yang bertujuan untuk melihat dan menentukan pelatihan apa yang akan diselenggarakan sesuai dengan kebutuhan peserta pelatihan, Merancang Program Pelatihan seperti membuat kurikulum, materi, jadwal dan mempersiapkan alat peraga yang dibutuhkan, Melaksanakan Program Pelatihan dengan melakukan seleksi kepada calon peserta pelatihan dan
Unduhan
Referensi
Daud, D., & Mobonggi, A. (2019). Program Pelatihan Kerja dalam Meningkatkan Kompetensi Pencari Kerja. Jurnal Pendidikan Islam, Vol.2 No 1.
Hamali, A. Y. (2016). Pemahaman Menejemen Sumber Daya Manusia. Binapura Aksara.
Hamalik, O. (2007). pengembangan sumber daya manusia manajemen pelatihan ketenagakerjaan pendekatan terpadu. bumi aksara.
Daud, D., & Mobonggi, A. (2019). Program Pelatihan Kerja dalam Meningkatkan Kompetensi Pencari Kerja. Jurnal Pendidikan Islam, Vol.2 No 1.
Hamali, A. Y. (2016). Pemahaman Menejemen Sumber Daya Manusia. Binapura Aksara.
Hamalik, O. (2007). pengembangan sumber daya manusia manajemen pelatihan ketenagakerjaan pendekatan terpadu. bumi aksara.
Model Operasional Pelatihan Pada Balai Latihan Kerja Tasikmalaya Dalam Menyiapkan Tenaga Kerja Profesional
Hilmi Nur Fakhira1), Yus Darusman2), dan Ahmad Hamdan3)
Hutajulu, S., & Supriyanto. (2013). Tinjauan Pelaksana Pelatihan dan Pengembangan Karyawan pada PT Inalum Kabupaten Batubara. Jurnal Bisnis Administrasi, Vol 2, No.
Mangkunegara, A. P. (2010). Evaluasi Kinerja SDM. PT. Refika Aditama.
Nurhajati, W., & Bachri, B. (2017). Pengembangan Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan (diklat) Berbasis Kompetensi dalam Membangun Profesionalisme Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktek), Volume.2 N.
Putra, A., Widyaswari, G., Azhar, A., Puspitasari, D., & Parmino, V. (2020). Dampak Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Guru Kejuruan Bidang Kemaritiman di Indonesia. Jurnal Widyaiswara Indonesia.
Rohmah, Nurruli, F. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Saya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–11.
Santoso, B. (2010). Skema dan Mekanisme Pelatihan.
Susan, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume . 9.
Tewu, M. E. (2015). Peranan Sumber Daya Manusia Meningkatkan Aktivitas Kelompok Tani Di Desa Tember. e-journal “Acta Diurna,” IV(3), 1–16.
Wiliandari, Y. (2014). Rancangan Pelatihan dan Pengembangan SDM yang Efektif. Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi, xii, 94–110.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Lifelong Education Journal
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.