Penerapan Pendidikan Keluarga Pada Anak Remaja Usia 12-21 Tahun Di Kelurahan Sekaran Kota Semarang Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.59935/lej.v1i1.13Kata Kunci:
Pendidikan Keluarga, Anak RemajaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pemenuhan kebutuhan dan proses interaksi pendidikan keluarga yang dilakukan oleh orangtua terhadap anak remaja usia 12-21 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dengan metode deskriptif. Subyek dalam penelitian yaitu keluarga asli Kelurahan Sekaran yang yang memiliki anak remaja usia 12-21 tahun sebanyak enam orang kepala keluarga. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk membuktikan keabsahan data digunakan teknik ketekunan di lapangan dan triangulasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) orang tua memenuhi kebutuhan anak remajanya antara lain meliputi kebutuhan fisik seperti sandang, pangan, papan, uang/materi, dan kebutuhan nonfisik seperti kasih sayang, waktu, perhatian dan kepercayaan, komunikasi, penghargaan dan hukuman, serta rekreasi/ berlibur; 2) proses interaksi pendidikan keluarga yang terjadi antara orangtua dan anak remaja antara lain meliputi: pemberian landasan pendidikan agama, dasar pendidikan reproduksi, memberi landasan ekonomi, memberi motivasi hidup, serta memberi nilai-nilai teladan. Diharapkan orangtua mempunyai waktu khusus untuk berkumpul dengan semua anggota keluarga.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Lifelong Education Journal
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.