Upaya Pengembangan Minat Literasi dan Kemampuan Menghafal Pada Anak Melalui Video Animasi di Teras Baca Sumberpasir Kabupaten Malang
DOI:
https://doi.org/10.180685/lej.v2i2.138Kata Kunci:
Literasi, Menghafal, Video AnimasiAbstrak
Minat literasi dan kemampuan menghafal anak merupakan sebuah potensi yang sangat dibutuhkan dan digali dengan lebih efektif. Upaya yang perlu dilakukan adalah dengan dapat mengkolaborasikan situasi dan kondisi di tengah revolusi 4.0. Seperti di Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang yang memiliki Teras Baca sebagai sarana tambahan untuk anak-anak Desa Sumberpasir. Di teras baca Sumberpasir, memiliki program bimbingan belajar dengan peserta didik usia sekolah dasar berjumlah 30 peserta didik. Permasalahan utama ialah minat literasi pada anak-anak dirasa masih kurang cukup sehingga menjadi penghambat dalam kemampuan menghafal mereka. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi kasus. Terkait permasalahan di atas, solusi yang ditawarkan oleh penulis adalah video pembelajaran berbasis animasi yang dapat membantu upaya pengembangan minat literasi dan kemampuan menghafal anak-anak bimbingan belajar di teras baca sumberpasir. Hasil yang diperoleh yaitu (1) implikasi pemanfaatan media video animasi sebagai strategi pengembangan minat literasi dan kemampuan menghafal pada anak; (2) peran animasi dalam pembelajaran; dan (3) tingkat efektifitas pemanfaatan video animasi untuk mengembangkan minat literasi dan kemampuan menghafal pada anak desa sumberpasir. Video animasi ini memiliki beberapa konten yang mendukung upaya meningkatkan minat literasi dan kemampuan menghafal anak di Teras Baca Sumberpasir.
Kata Kunci: Literasi, Menghafal, Video Animasi
Unduhan
Referensi
Anshor, S., Sugiyanta, I. G., & Utami, R. K. S. (2015). Penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap aktivitas dan hasil belajar geografi. JPG (Jurnal Penelitian Geografi), 3(7).
Hendriyani, Y., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2), 85-88.
Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal,1(1),60-71.
Putra, I.E. (2013). Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif. Jurnal Teknoif, 1(2),20-25.
Saripudin, A. (2019). Kompetensi Guru Pendamping Paud Dalam Memenuhi
Standar Layanan Paud Non Formal di Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Anak,5(2),63-76.
Sudarsana, I. K. (2015). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upaya pembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(01), 1-14.
Trisnawati, H.A. (2018). Pelaksanaan Kegiatan Literasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa” (Skripsi). Jakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah.
Utami, D. (2011-05-07). Animasi Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1),44-51.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Lifelong Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.