Upaya Pengembangan Minat Literasi dan Kemampuan Menghafal Pada Anak Melalui Video Animasi di Teras Baca Sumberpasir Kabupaten Malang

Penulis

  • Riris Dwi Puji Rahayu Universitas Negeri Malang
  • Lala Mawarni Sutrisna Universitas Negeri Malang
  • Ahmad Ahmad Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.59935/lej.v2i2.138

Kata Kunci:

Literasi, Menghafal, Video Animasi

Abstrak

Minat literasi dan kemampuan menghafal anak merupakan sebuah potensi yang sangat dibutuhkan dan digali dengan lebih efektif. Upaya yang perlu dilakukan adalah dengan dapat mengkolaborasikan situasi dan kondisi di tengah revolusi 4.0. Seperti di Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang yang memiliki Teras Baca sebagai sarana tambahan untuk anak-anak Desa Sumberpasir. Di teras baca Sumberpasir, memiliki program bimbingan belajar dengan peserta didik usia sekolah dasar berjumlah 30 peserta didik. Permasalahan utama ialah minat literasi pada anak-anak dirasa masih kurang cukup sehingga menjadi penghambat dalam kemampuan menghafal mereka. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi kasus. Terkait permasalahan di atas, solusi yang ditawarkan oleh penulis adalah video pembelajaran berbasis animasi yang dapat membantu upaya pengembangan minat literasi dan kemampuan menghafal anak-anak bimbingan belajar di teras baca sumberpasir. Hasil yang diperoleh yaitu (1) implikasi pemanfaatan media video animasi  sebagai strategi pengembangan minat literasi dan kemampuan menghafal pada anak; (2) peran animasi dalam pembelajaran; dan (3) tingkat  efektifitas pemanfaatan video animasi untuk mengembangkan minat literasi dan kemampuan menghafal pada anak desa sumberpasir. Video animasi ini memiliki beberapa konten yang mendukung upaya meningkatkan minat literasi dan kemampuan menghafal anak di Teras Baca Sumberpasir.

Kata Kunci: Literasi, Menghafal, Video Animasi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anshor, S., Sugiyanta, I. G., & Utami, R. K. S. (2015). Penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap aktivitas dan hasil belajar geografi. JPG (Jurnal Penelitian Geografi), 3(7).

Hendriyani, Y., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2), 85-88.

Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal,1(1),60-71.

Putra, I.E. (2013). Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif. Jurnal Teknoif, 1(2),20-25.

Saripudin, A. (2019). Kompetensi Guru Pendamping Paud Dalam Memenuhi

Standar Layanan Paud Non Formal di Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Anak,5(2),63-76.

Sudarsana, I. K. (2015). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upaya pembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(01), 1-14.

Trisnawati, H.A. (2018). Pelaksanaan Kegiatan Literasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa” (Skripsi). Jakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah.

Utami, D. (2011-05-07). Animasi Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1),44-51.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Cara Mengutip

Puji Rahayu, R. D., Mawarni Sutrisna, L., & Ahmad, A. (2023). Upaya Pengembangan Minat Literasi dan Kemampuan Menghafal Pada Anak Melalui Video Animasi di Teras Baca Sumberpasir Kabupaten Malang. Lifelong Education Journal, 2(2), 164–172. https://doi.org/10.59935/lej.v2i2.138

Terbitan

Bagian

Artikel