Evaluasi Program Pelatihan Fungsional Dasar bagi Penyuluh Keluarga Berencana di BKKBN Provinsi Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.180685/lej.v3i1.157Kata Kunci:
Evaluasi, Pelatihan Fungsional Dasar, Model CIPPAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil evaluasi program pelatihan melalui model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) pada program pelatihan Fungsional Dasar bagi Penyuluh Keluarga Berencana di BKKBN Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method yaitu menyatukan dua metode antara metode kualitatif dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner yang dihitung melalui pengukuran skala likert. Untuk mendapatkan data yang kredibel peneliti menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari evaluasi wawancara, observasi dan dokumentasi diperoleh kategori nilai baik. Sedangkan untuk hasil kuesioner peserta diperoleh hasil sangat baik dengan persentase 88,16%. Hasil evaluasi aspek context, setelah di akumulasikan dari segi latar belakang dan ketersediaan dokumen dikategorikan baik. Hasil evaluasi aspek input, setelah di akumulasikan dilihat dari segi widyaiswara program, kurikulum program, sarana dan prasarana, peserta pelatihan, serta pendanaan program maka secara umum dapat dikategorikan cukup baik. Hasil evaluasi aspek process setelah di akumulasikan menunjukkan bahwa dilihat dari segi persiapan program, pengelolaan program, evaluasi program, dan kesesuaian perencanaan dengan hasil pelaksanaan maka secara umum termasuk ke dalam kategori baik. Hasil evaluasi aspek product setelah di akumulasikan menunjukkan bahwa dari segi hasil pembelajaran dan tanggapan terhadap pelaksanaan program maka secara umum termasuk ke dalam kategori baik.
Unduhan
Referensi
Agusta, L., & Sutanto, M. (2013). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap kinerja Karyawan CV Haragon Surabaya. AGORA, 1(3).
Amin, L. H., Rochmawan, A. E., & ... (2022). Evaluasi Model CIPP pada Perkuliahan Daring Fakultas Tarbiyah, Institut Islam Mamba’ul ’Ulum Surakarta Tahun 2021. Edumaspul: Jurnal ..., 6(1), 247–254.
Bernadatte Robinson. (2002). CIPP to Approach Evaluation. Ohio: Collit Project.
Creswell, John. (2013). Riset Pendidikan (Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (Edisi Kelima).
Fahruddin, F. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP). HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 8(2), 199.
Harmet. (2020). Tingkat Penerapan Materi Pelatihan Dasar Fungsional bagi Penyuluh Pertanian Ahli di Provinsi Riau. Jurnal Karya Aparatur, 4(2).
Kurniawati, E., & Munawaroh, D. A. (2022). Curriculum Evaluation : CIPP Model of the Youth Scientific Group ( KIR ) extracurricular. 03(02), 15–29.
Mahmudi, I. (2011). CIPP: suatu model evaluasi program pendidikan. At-Ta’dib, 6(1), 111–125.
Novitasari, D., & Fahlia. (2021). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kesejahteraan Lulusan Balai Latihan Kerja (BLK) di Kabupaten Sumbawa. Nusantara Journal of Economics, 03(01), 39-49.
Nyoman Gunung, I., & Darma, I. K. (2019). Implementing the Context, Input, Process, Product (CIPP) Evaluation Model to Measure the Effectiveness of the Implementation of Teaching at Politeknik Negeri Bali (PNB). International Journal of Environmental & Science Education, 14(1), 33–39.
Sari, D. N. (2021). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV dalam Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN di Pemerintah Kabupaten Lahat. Jurnal Caraka Prabu, 5(2), 163-186.
Simangunsong, E. S. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Angkatan Kerja di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Medan.
Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Wahyudi, S. (2019). Efektivitas Pelatihan Dasar Fungsional Penyuluh Pertanian Ahli di Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Hijau Cendekia, 4(1).
Widodo, T. 2021. Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tanggerang: CV Makeda Multimedia Sarana.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Lifelong Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.