Pelatihan Life Skill Membuat Sablon dalam Meningkatkan Kemandirian Warga Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Ciamis

Studi terhadap Warga Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Ciamis

Penulis

  • Dhanni Meisya Universitas Siliwangi
  • Lilis Karwati Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.59935/lej.v3i1.179

Kata Kunci:

Pelatihan, Life Skill, Kemandirian

Abstrak

Penelitian ini memiliki latar belakang masalah yaitu kurangnya keterampilan yang ada dimasyarakat, banyaknya pengangguran yang ada di Indonesia, dan banyaknya permintaan dari masyarakat untuk mengadakan pelatihan life skill. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui proses serta hasil pelatihan membuat sablon oleh warga belajar di SKB Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode pendekatan kualitatif dengan deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Sumber data pada penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian proses pelatihan life skill membuat sablon dalam meningkatkan kemandirian warga belajar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Ciamis yaitu pelatihan membuat sablon memiliki sarana prasarana seperti ruangan kelas, alat dan bahan membuat sablon. Dalam pelaksanaanya pamong belajar yaitu memberikan materi dan metode praktek agar warga belajar dapat mudah paham. Tujuan program pelatihan sablon yaitu untuk menambah serta mengembangkan life skill warga belajar melalui pelatihan membuat sablon agar memiliki kemandirian dalam hidupnya dan memiliki keterampilan untuk kehidupannya di masa depan. Hasil pelatihan life skill membuat sablon, warga belajar mendapatkan ilmu pengetahuan tentang cara membuat sablon dan memiliki keterampilan dalam membuat sablon serta warga belajar juga bisa membuka usaha atau mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Simpulannya setelah mengikuti kegiatan pelatihan warga belajar bisa mendapatkan pekerjaan atau dapat menyesuaikan kerja yang lebih baik dan dapat membuka usaha di bidang pembuatan sablon. Memperoleh penghasilan yang mencukupi, mempunyai aktualitas diri serta mengembangkan keterampilan untuk hidup lebih baik.simpulan dapat meningkatkan life skill dan kemandirian warga belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

BUKU

Badan Pusat Statistik Kabupaten Ciamis. (2022). Kabupaten Ciamis Dalam Angka 2021.CV Rima Karya

Conny R, Setiawan. (2010). Metode PenelitiaanKualitatif. Cibinong : Grasido

Prabu Mangkunegara, Anwar. (2005). Manajemen Sumber daya Manusia Perusahaan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jubilee Empire .(2020). Teknik Membuat Desain Sablon Kaos Untuk Pemuda Desa. Jakarta : Juliblee

Lexy J. Meleong. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakara

Marwansyah. 2012. Manajemen sumber daya manusia edisi kedua. Bandung: :alfabeta

Muridan. (2015). Menumbuhkan Rasa Percaya Diri melaui Peningkatan Shoft Skill dan Life Skill

Nenny Ika Putri Simarmata, Abdurozzaq Hasibuan ,Imam Rofiki Dkk. (2021). Metode Penelitian Untuk Perguruan Tinggi. Medan : Yayasan Kita Menulis

Safri S.Siswaja.Imam Sofwan. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Proses Pendidikan Nonformal. Mediun : Bayfa Cendikia Indonesia

Sugionio. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitsfit dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suranto .S. Siswaja. (2020) Konsep Pendidikan Berbasis Life Skill (Pentingnya Life Skill & PendidikanVokasi). Semarang : Alprin

Widodo, S. E. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, Erlangga : Jakarta.

Yenni Ertita (2020) Pedoman Mahasiwa Pembelajaran Kewirausahaan . Malang : IRDH Book Publiser

JURNAL

Ahmad Rijali. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah Ilmu Dakwah. Volume 17(33)

Dwi Puji Lestari, Tri Suminar. (2016). Pola Pembelajaran Program Kecakapan Hidup (Life Skill) Menjahit Di Blk Kabupaten Pekalongan. Journal of Nonformal Education. 2(2). 1-10. DOI:

Fredrico, Titi Maemunaty, Jaspar Jas. (2017). Kecenderungan Perilaku Berwirausaha Warga Belajar terhadap Pelatihan Sablon di Pkbm Cahaya Ilmu Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.Volume 4(1)

Karwati. L (2015) Dampak Program Latihan Kewirausahaan Mandiri terhadap usaha Home industri Makanan ringan .Ciamis,jurnal empowerment vol.3.no.1.,ISSN.No,2252- 4783.

Lirik alfilah (2013). Pelatihan Life Skill Majapahit Dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Kesetaraan Paket C Di Pkbm AL-Hikmah Sukadono Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Volume 2(3)

Mohamad Shindy, Yayah Rukiah, Enny Nurcahyawati. (2018). Teknik Sablon dengan Lem sebagai Alternatif Membuat Bahan Ajar bagi Guru-Guru TK/RA di Cimahi Bandung Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat). Volume 1(3)

Noor, A. H. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Di Pondok Pesantren Dalam

Meningkatkan Kemandirian Santri. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan LuarSekolah, 4(1).

Prilosadoso,Basnendar Herry Panindias, Asmoro Nurhadi and Rosanto, Anton. (2013). Laporan Akhir Ipteks Bagi Masyarakat (Ibm): Ibm Pelatihan Sablon T-Shirt Untuk Penyandang Tuna Rungu Surakarta. UPT. Perpustakaan.

Rohmat Kosmawa. (2014). Menejemen Penelitian Kuantitatif Dalam Upaya Pemberdayaan Santri Di Pondok Pesantren Jurnal Empewerment. Volumen 3(1)

Sukirman, S.(2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1)

Sutisna, A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar. JTP – Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3)

Syarimah Syarimah, Abdul Karim Halim. (2022). Meningkatkan Sikap Dan Keterampilan Wirausaha Bagi Pemuda Melalui Literasi Pelatihan Sablon Di DesaPasir Jaya Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor. Jurma:Jurnal Program Mahasiswa Kreatif. Volume 6(1)

Yahyan Nurzaman . Novi Widiastuti. (2019) Meningkatkan Kemampuan Wirausaha Melalui Pelatihan Life Skill Tata boga Bagi Warga Belajar Keaksaraan (Studi Kasus Di Pkbm Srikandi Kota Cimahi). Comm-Edu (Community Education Jurnal) Volume 2(3)

SKRIPSI

Atica, Sella. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung.

Parker d.k. (2005). Menumbuhkan kemandirian dan harga diri anak / Deborah K. Jakarta: Prestasi Putrakarya.

Salima, Hafsah. (2019). Analisis Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SDI Al-Azhar 17 Bintaro.

UNDANG-UNDANG

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang Pemasyarakatan Nomor 12 Pada Tahun 1995

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomer 20 Tahun 2003

WEBSITE

(Online) Website Irtech. Diakses Rabu 30 Maret 2022. (https://www.irtech.id/2015/0 4/maanfaat-program-life- skills-bagi-warga.html)

(Online) Blog Aku Pintar. Diakses Sabtu 2 April 2022. (https://akupintar.id/infopinta r//blogs/10-life-skill-penting- untuk-dikuasai-saat-ini)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Cara Mengutip

Meisya, D., & Karwati, L. (2023). Pelatihan Life Skill Membuat Sablon dalam Meningkatkan Kemandirian Warga Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Ciamis: Studi terhadap Warga Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Ciamis. Lifelong Education Journal, 3(1), 31–38. https://doi.org/10.59935/lej.v3i1.179

Terbitan

Bagian

Artikel