Pengelolaan Program Pelatihan Kursus Komputer Microsoft Office di Lembaga Kursus GOLEVAT Kota Semarang

Penulis

  • Bhakti Kusuma Wardani Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59935/lej.v3i1.184

Kata Kunci:

Pengelolaan Program, Kursus dan Pelatihan, GOLEVAT

Abstrak

Kursus dan pelatihan diperlukan dengan tujuan peningkatan skill komptenesi seorang individu maupun kelompok masyarakat dalam pendidikan non formal. Salah satu kemampuan yang dibutuhkan pada era sekarang ialah kemampuan skill komputer dengan program Microsoft Office. Lembaga GOLEVAT sebagai wadah penyelenggaraan peningkatan kemampuan kompetensi masyarakat yang berfokus pada bidang teknologi digital komputer. Penyelenggaraan dari suatu program memerlukan suatu pengelolaan yang terstruktur dan terencana untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan program pelatihan kursus komputer Microsoft Office di lembaga kursus GOLEVAT Kota Semarang yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat dari program.

Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif. Informan penelitian meliputi lima orang yang terdiri atas satu orang Pendiri, dua orang instruktur pengajar, dan dua orang peserta program. Pendiri disini merupakan informan utama dalam penelitian ini dan informan lainnya merupakan informan pendukung. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik, triangulasi ini dimulai dari menganalisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengelolaan program pelatihan kursus komputer Microsoft Office meliputi tiga fungsi pokok pengelolaan yaitu perencanaan yang meliputi perumusan tujuan latar belakang, penetapan koordinasi pengajar, penetapan sasaran lokasi dan waktu yang berkaitan dengan biaya program, penggunaan modul materi yang berstandar Microsoft, pemilihan media, penentuan metode penyampaian, persiapan fasilitas sarana dan prasarana. Pelaksanaan meliputi kegiatan penggunaan media, modul, dan metode yang sudah direncanakan, menggerakkan peserta untuk bisa mengikuti kursus. Evaluasi program melalui soal latihan untuk mendapat sertifikat kompetensi. Evaluasi pengajar, modul, dan fasilitas media melalui link google form yang diisi langsung oleh peserta setelah program selesai yang digunakan seagai acuan Pimpinan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan lembaga dan program.

Faktor pendukung program kursus pelatihan komputer Microsoft Office ialah minat peserta, pengajar yang berkompeten, media fasilitas yang mendukung. Faktor penghambat dari peserta adalah lupa akan rumus, untuk pengajar ialah naiknya tarif bahan bakar kendaraan. Saran yang bisa diberikan oleh peneliti ialah sebaiknya ada perekrutan pengajar yang resmi dan evaluasi dilakukan secara terstruktur dan terjadwal, kemudian padamateri untuk selalu update sesuai dengan perkembangan teknologi yang semakin maju.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad, M. ., Tambak, S., & Constantianti, N. (2017). Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Thariqah, 2(1), 89–110.

Aqib, Z., & Mustadlo. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif.

Ariyanti, E. H., Komar, O., & Saepudin, A. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Kursus Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berwirausaha Lulusan Kursus Komputer Desain. I(April), 1–13.

Basri, H., & Rusdiana. (2015). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Desiati, R. (2013). Diklus, Edisi XVII, Nomor 01, September 2013 253. (September), 253–262.

Eko, W. S. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hasibuan, M. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Herlinda, S., Hidayat, S., & Djumena, I. (2017). Manajemen Pelatihan Hantaran dalam Meningkatkan Kecapakan Hidup Warga Belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. 1(1), 1–9.

Kurnia, S. (2018). Pengaruh Praktik Percobaan Kualitas Air Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Aisyiyah 1 Palembang Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Swarnabhumi, 3(2), 116–123.

Kusmana, M. H., & Riyanto, Y. (2020). Jurnal Pendidikan Untuk Semua PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN OPERATOR BASIC OFFICE DI. 04, 1–15.

Mariyana, R., Nugraha, A., & Racmawati, Y. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana.

Maxwell, N., Scourfield, J., Holaand, S., & Featherstone, B. (2012). The Benefits and Challenges of Training Child Protection Social Workers in Father Engagement. 21(4), 299–310.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). An Expand Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.

Mohammed, J., Bhatti, M. K., & Jariko, G. A. (2013). Importance of Human Resource Investment for Organizations and Economy?: A Critical Analysis.

Moleong, L. . (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nassazi, A. (2013). Effects of Training on Employee Perfomance. Evidence From Uganda.

Rodriguez, J., & Walters, K. (2019). The Importance of Training and Development in Employee Performance and Evaluation. (April 2017).

Saputra, Y. (2017). JOM FISIP Vol. 4 No. 2 Oktober 2017 Page 1. 4(2).

Shala, A., & Grajcevci, A. (2018). Formal and Non-Formal Education in the New Era Formal and Non-Formal Education in the New Era. (November).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sutarto, J. (2012). Buku Ajar Manajemen Pelatihan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Suwanto, & Priansa, D. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Terry, G. ., & Rue, L. . (2019). Dasar-DasarManajemen (Edisi Revisi) (G.A Ticoalu, Ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Trisnawati, B., Sudadio, S., Fauzi, A., Luar, P., Universitas, S., & Banten, T. (2017). Peningkatan Life Skills Warga Belajar melalui Kursus Komputer di PKBM Cipta Cendekia Kota Tangerang. 1(2), 176–185. https://doi.org/10.15294/pls.v1i2.19418

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pelatihan. 1–17.

Yulianingsih, W. (2017). Pelaksanaan Program Kecakapan Hidup (PKH) Bagi Perempuan Dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik di LKP Modes Muria Sidoarjo-Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 1(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Cara Mengutip

Kusuma Wardani, B. (2023). Pengelolaan Program Pelatihan Kursus Komputer Microsoft Office di Lembaga Kursus GOLEVAT Kota Semarang . Lifelong Education Journal, 3(1), 60–68. https://doi.org/10.59935/lej.v3i1.184

Terbitan

Bagian

Artikel