Sosialisasi Pembelajaran STEAM Guna Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur

Penulis

  • Laela Lutfiana Rachmah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Raras Ayu Prawinda Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Devi Candra Nindiya Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Umi Nahdiyah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.59935/lej.v3i1.189

Kata Kunci:

pembelajaran, STEAM, kreativitas

Abstrak

Pembelajaran pada AUD harus dapat mengembangkan berbagai kemampuan dasar anak untuk mewujudkan generasi yang komunikatif, kolaboratif, berpikir kritis, kreatif serta inovatif. Pendekatan STEAM dipandang sebagai suatu pendekatan yang dapat menyiapkan generasi abad 21 yang bertujuan untuk menstimulasi kreativitas, menyiapkan anak-anak dalam dunia kerja yang penuh inovasi dan invensi atau SDM dengan kualitas yang bagus. Beberapa riset menunjukkan bahwa penerapan pendekatan STEAM memiliki hubungan yang sangat positif antara pengalaman pembelajaran STEAM di usia dini dengan keberhasilan sekolah dan karir pada masa depan anak. Adapun tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan pembelajaran STEAM guna meningkatkan kreativitas Anak Usia Dini di Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitiannya adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Proses pendekatan STEAM ini di harapkan mampu menstimulus kemampuan anak untuk mengahadapi abad 21. Salah satu cara yang bisa dilakukan guru adalah dengan melakukan perubahan proses pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Creswell, J.W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. (2017). Metode Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ahsani, E.L.F., dan Nurhaliza, Y.A. (2021). Penerapan Pembelajaran STEAM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar di Daerah Terluar Terdepan Tertinggal di Indonesia. AL HIKMAH: JOURNAL OF EDUCATION, 2(1), 2021, 91-100.

Auliyalloh, A., Rakhman, A. (2020). Media Pembelajaran STEAM Untuk Meningkatkan Kreativitas Berbahan Loose Part di Kelompok B TK Kasih Ibu. Jurnal CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(6), 553-558.

Bannett, S., Matton, K., and Kervin, L. (2008). The Digital Nattive’s Debate a Critical Riview of The Evidence. British Journal of Education Technology, 9(5), 775-586.

Bratanoto, V.Z., Latiana, L., & Formen, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Jarak Jauh Anak Usia Dini Melalui Pendekatan STEAM dan Pemberdayaan Keluarga. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 661-670.

Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. (Online). Tersedia: http://jurnal.radenfatah.ac.id, diakses tanggal 10 Januari 2022.

Farhati, I. (2020). Ide Perencanaan Pembelajaran Berbasis STEAM. Jakarta: Bastari.

Gunawan, P., dkk. (2019). Model Pembelajaran STEAM (Sciences, Technology, Engineering, Art, Mathematics) dengan Pendekatan Saintifik. Makasar: Kemendikbud.

Gress, A.H. (2017). STEAM Education: Separating Fact from Fiction. Technology and Engineering Teacher. 77(3), 39-41.

Helista, C.N. (2019). STEAM. Seminar Nasional Tiga Pakar Bedah STEAM untuk Anak Usia Dini. (Online). Tersedia: http://pgpaud.unnes.ac.id/seminar-nasional-tiga-pakar-bedah-steam-untuk-anak-usia-dini/. Diakses tanggal 15 Januari 2023.

Imaduddin, M. (2017). Mendesain Ulang Pembelajaran Sains Anak Usia Dini yang Konstruktif Melalui STEAM Project- Best Learning yang Bernuansa Islami. Proceedings ANCOMS; Annual Conference for Muslim Schoolars 2017, 950-958.

Marliza, R., Eliza, D. (2019). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Kegiatan Belajar Tanaman di Taman Kanak-Kanak Aba Air Bangis. JRTI: Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 4(1), 59-63.

Munawar, M., Roshayanti, F., dan Sugiyanti. (2019). Implementation of STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) Based Early Childhood Education Learning in Semarang City. Jurnal CERIA, 2(5), 2714-4107.

Nugraheni, A.D. (2019). Penguatan Pendidikan Bagi Generasi Alfa Melalui Pembelajaran STEAM Berbasis Loose Parts pada PAUD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 512-518.

Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. SNPS: Seminar Nasional Pendidikan Sains, 22 Oktober 2016, 23-34.

Priyanti, N.Y., Astria., Maemunah., Apriani, D., & Sandina. (2021). Loose Part Media Menarik dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 2(3), 254-259

Rahardjo, M. (2010). Trianggulasi dalam Peneliti Kualitatif. (Online), dari://uin-maling.ac.id, diakses tanggal 5 Januari 2023.

Sujatmoko, E. (2010). Hak Warga Negara dalam Memperoleh Pendidikan. Jurnal Konstitusi, 7(1), 181-208.

Syamsuardi. (2012). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) di Taman Kanak-Kanak Paud Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(1), 59-67.

Wahyuningsih, S. Pudyaningtyas, A.R., Hafidah, R., Syamsuddin, M.M., Rasmani, U.E.E., dan Nurjanah, N.E. (2020). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 295-301.

Hong, O. (2017). Concept and definition of STEAM. Seoul: The Korea Foundation for the Advancement of Science and Creativity – KOFAC, 92-102.

Seidel, S., Tishman, S., Winner, E., Hetland, L., & Palmer, P. (2009). The qualities of quality : Understanding excellence in arts education. Cambridge: MA: Project Zero, Harvard Graduate School of Education. Retrieved from http://www.wallacefoundation.org/knowledge-center/Documents/Understanding-Excellence-in-Arts-Education.pdf.

Tabi’in, A. (2019). Implementation of STEAM Method (Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics) for Early Childhood Developing in Kindergarten Mutiara Paradise Pekalongan. ECRJ: Early Childhood Research Journal, 2(1), 36-49.

Harjanty, R., & Hardianti, F. (2020). Analysis of The Application of STEAM-Based Learning. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studiesh, 9(2), 112-115.

Priyanti, N., & Warmansyah, J. (2021). The Effect of Loose Parts Media on Early Childhood Naturalist Intelligence. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2), 239-257.

Nipriansyah., Sasongko, R.N., Kristiawan, M., Susanto, E., & Hasanah, P.F.A. (2021). Increase Creativity And Imagination Children Through Learning Science, Technologic, Engineering, Art And Mathematic With Loose Parts Media. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77-90.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Cara Mengutip

Rachmah, L. L., Ayu Prawinda, R., Candra Nindiya, D., & Nahdiyah, U. (2023). Sosialisasi Pembelajaran STEAM Guna Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Lifelong Education Journal, 3(1), 77–82. https://doi.org/10.59935/lej.v3i1.189

Terbitan

Bagian

Artikel