Program Pemberdayaan Anak di LPKA Klas II Gunung Kidul, Yogyakarta

Penulis

  • Aprilia Puji Hawa Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59935/lej.v1i2.25

Kata Kunci:

program pemberdayaan, pelatihan, lpka klas II, Yogyakarta, warga binaan

Abstrak

Program pembinaan warga binaan di dalam LPKA Klas II Gunung Kidul, Yogyakarta ini dilakukan dengan berbagai macam program. Program ini berfungsi tidak hanya untuk pembinaan saja namun juga untuk memberdayakan warga binaan agar ketika nantinya kembali ke masyarakat mereka menjadi lebih mudah beradaptasi dengan keterampilan yang mereka peroleh di dalam LPKA. Dalam hal ini penulis melakukan penelitian dengan metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data studi pustaka untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang relevan dengan objek kajian, yaitu LPKA Klas II Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari hasil pengumpulan data tersebut didapatkan bahwa terdapat beberapa program pemberdayaan bagi warga binaan yaitu Pembinaan Mental dan Spiritual Anak, Pemenuhan Hak Pendidikan Dasar Anak, Pembentukan Karakter Anak Melalui Pelatihan Teater, Pelatihan Musik, Pelatihan Shoes Care, Pelatihan Pembuatan Booster, Budidaya Ikan Lele.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Achrima, R. S., Septianingrum, R. E., Hanifah, R., Rahayu, E., Latifan, S. F., & Rustamaji, M. (2020). Pemberdayaan Anak Didik Pemasyarakatan Melalui Bamboo Batik Speaker. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 899–906. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.837

BERITA NEGARA REPUBLIK INDONESIA. (n.d.). Retrieved June 21, 2021, from www.peraturan.go.id

Data Terakhir Jumlah Penghuni Per-UPT. (n.d.). Retrieved June 21, 2021, from http://smslap.ditjenpas.go.id/public/sdp/current/kanwil/db5c02f0-6bd1-1bd1-b375-313134333039/date/2021-06-20/sort:jml_sdp/asc/sort:jml_sms/asc/page/0

Hartono, H. (2019). Konsep Pembinaan Anak Dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. Yuriska?: Jurnal Ilmiah Hukum, 11(1), 74. https://doi.org/10.24903/yrs.v11i1.458

Hidayah, L. N. (2019). KOMUNIKASI INTERPERSONAL PROGRAM PENDAMPINGAN MENTAL SPIRITUAL PADA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS II WONOSARI GUNUNGKIDUL.

Hudha, T. (2018). Pembentukan Karakter Anak Melalui Teater Games. ABDI SENI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 153–168.

LPKA Kelas II Yogyakarta. (n.d.). Retrieved June 20, 2021, from http://lpkajogja.kemenkumham.go.id/

Memahami Metode Penelitian Kualitatif. (n.d.). Retrieved June 21, 2021, from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-Metode-Penelitian-Kualitatif.html

Sejarah Pemasyarakatan. (n.d.). Retrieved June 21, 2021, from http://lpkajogja.kemenkumham.go.id/index.php/profil/sejarah-pemasyarakatan

Sutarmi. (2020). LPKA Kelas II Yogyakarta pastikan anak binaan peroleh pendidikan memadai - ANTARA News Yogyakarta - Berita Terkini Yogyakarta. ANTARA YOGYA. https://jogja.antaranews.com/berita/412446/lpka-kelas-ii-yogyakarta-pastikan-anak-binaan-peroleh-pendidikan-memadai

Vovriyenti, R. (2017). FAKTOR PENDORONG TERJADINYA TINDAK KEJAHATAN OLEH ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK TANJUNG PATI RINI VOVRIYENTI, S.Pd., M.Pd. Jurnal PPKn & Hukum, 12(1), 52–62.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Cara Mengutip

Hawa, A. P. (2023). Program Pemberdayaan Anak di LPKA Klas II Gunung Kidul, Yogyakarta. Lifelong Education Journal, 1(2), 107–117. https://doi.org/10.59935/lej.v1i2.25

Terbitan

Bagian

Artikel