Pengaruh Minat Baca Pemuda terhadap Tingkat Perkembangan Intelektual Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.59935/lej.v1i2.26Kata Kunci:
Pemuda, Minat Baca, MasyarakatAbstrak
Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini ialah mengetahui peran pemuda dengan minat baca yang dimilikinya dan efek yang akan diberikan kepada masyarakat yang tinggal disekeliling lingkungan pemuda tersebut. Intelektualitas masyarakat sangat tergantung dengan minat pemuda untuk menjamah bidang keilmuan yang dimiliki sehingga dengan tingkat baca yang tinggi dapat meningkatkan intelektualitas masyarakat. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Studi literatur menjadi teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Untuk menganalisis data menggunakan model interaktif yang mencakup pengumpulan data, reduksi, penyajian serta penarikan kesimpulan. Setelah melihat hasil penelitian terlihat bahwa tingkat intelektualitas masyarakat berjalan beriringan dengan minat baca pemuda. Dimana pemuda sebagai agen perubahan berperan sebagai ujung tombak dalam memperbaharui pengetahuan masyarakat yang akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Tingkat baca pemuda akan memberikan sumbangsih kepada masyarakat secara jangka panjang dan juga memungkinkan untuk menjadi momentum dalam menumbuhkan intelektual generasi selanjutnya. Dalam peran yang dimiliki sebagai ujung tombak pemuda dituntut untuk terus melakukan suplai pengetahuan terbaru kepada masayarakat sekitarnya.
Unduhan
Referensi
Ambarwati, A. (2017). Gemar membaca melalui cerpen. Konferensi Nasional I Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Untuk Kemaslahatan Uamat.
Dimming, S., & Algorithm, C. (2014). ??? 1 , ??? 1 , ??? 1 , ??? ?. 19(4), 320–326.
Fadilah, R. (2015). JURNAL PENA INDONESIA (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79–95.
Fitria. (2013). ??No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
History, A. (2021). Jurnal Kependidikan: 7(2), 395–407.
Iii, B. A. B., & Penelitian, M. (2019). Annisa Anggraeni Salsabila, 2019. 35–41.
Ika Febriandari, E. (2019). Penanaman Nilai Karakter Gemar Membaca Berbasis Pembiasaan Dan Keteladanan Terhadap Kemampuan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar. Journal AL-MUDARRIS, 2(2), 211. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v2i2.286
Implikasi, K., & Rekomendasi, D. A. N. (2019). one book one family . 111–115.
Mansyur, U. (2019). Gempusta: Upaya Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra II FBS UNM, December, 203–2017. https://osf.io/va3fk
Margolang, N. (2018). Pemberdayaan Masyarakat. Dedikasi: Journal of Community Engagment, I(2), 87–99. https://doi.org/10.31227/osf.io/weu8z
Naafs, S., & White, B. (2012). Generasi Antara?: Refleksi tentang Studi Pemuda Indonesia *. Studi Pemuda, I(2), 89–106.
Nafisah, A. (2014). Arti Penting Perpustakaan Bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Perpustakaan Libraria, 2(2), 70–81.
Nazaruddin, A. O. (2017). Pengaruh Penguatan Kelompok Tani Terhadap Partisipasi dan Motivasi Pemuda Tani Pada Usaha Pertanian di Leuwiliang, Bogor. Jurnal Agribisnis Terpadu, 1–14.
Nugroho, A., Puspitasari, R., & Puspitasari, E. (2016). Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas Viii Di Smpn 2 Sumber. Edueksos, 5(2), 187–206. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=471297&val=9452&title=IMPLEMENTASI GEMAR MEMBACA MELALUI PROGRAM POJOK BACA DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 SUMBER.
Nur Bintari, P., & Darmawan, C. (2016). Peran Pemuda Sebagai Penerus Tradisi Sambatan Dalam Rangka Pembentukan Karakter Gotong Royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 57. https://doi.org/10.17509/jpis.v25i1.3670
Nursyamsu, R. (2018). Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pemuda Dan Pembuatan Program Kerja Pada Organisasi Pemuda Desa Cibinuang, Kabupaten Kuningan. Empowerment?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(02), 37–44. https://doi.org/10.25134/empowerment.v1i02.1572
Palesangi, M. (2012). Pemuda Indonesia Dan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 1(2), 1–6. http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/seminas/article/view/198
Partisipasi pemuda dalam pengelolaan program kampung literasi skripsi. (2019).
Pratiwi, R., Gunawan, G., & Fangohoi, L. (2020). Pengembangan Ekonomi Kreatif Pemuda Karang Taruna Berbasis Agrowisata di Desa Tawangargo. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 4(3), 554–560. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.03.10
Rahadian, G., Rohanda, R., & Anwar, R. K. (2014). Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Gemar Membaca. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 2(1), 47. https://doi.org/10.24198/jkip.v2i1.11628
Rosenblatt, R. (2015). Keynote address. Jackie Robinson: Race, Sports and the American Dream, 3, 240–246. https://doi.org/10.4324/9781315703237-41
Salsabila, A. A. (2019). Annisa Anggraeni Salsabila, 2019 Partisipasi Pemuda dalam Pengelolaan Program Kampung Literasi Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 1–8.
Sina, P. G. (2012). Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia, 8(2), 135–143. https://doi.org/10.21831/economia.v8i2.1223
Taulabi, I., Imron, A., & Khoiruddin, M. A. (2017). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini Di Taman Baca Masyarakat. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 11(1), 137–158. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v11i1.165
Wahyuni, S. (2015). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Diksi, 16(2), 179–189. https://doi.org/10.21831/diksi.v16i2.6617
Widjajanti, K. (2011). Jurnal Ekonomi Pembangunan Model pemberdayaan masyarakat. 12.
Zusron Alfaqi, M., Mujtaba Habibi, M., & Dwi Rapita, D. (2017). Peran Pemuda Dalam Upaya Pencegahan Korupsi dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Wilayah (Studi Di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 23(3), 320–337. https://doi.org/10.22146/jkn.27695
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Lifelong Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.