Strategi Pemberdayaan Anak Nelayan dalam Penguatan Praliterasi melalui Kelompok Bermain di Tambak Rejo Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.59935/lej.v5i1.305Kata Kunci:
Pemberdayaan, Praliterasi, Kelompok bermainAbstrak
Rendahnya budaya literasi di Indonesia, terutama pada komunitas nelayan, menjadi tantangan kritis dalam pembangunan pendidikan. Minimnya program pendidikan nonformal berbasis komunitas di daerah pesisir dan kurangnya integrasi kearifan lokal dalam metode pembelajaran praliterasi mendorong perlunya inovasi strategi pemberdayaan yang kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis efektivitas Kelompok Bermain sebagai strategi pemberdayaan anak nelayan melalui penguatan praliterasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Partisipan meliputi relawan, orang tua, dan tokoh masyarakat di Tambak Rejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama enam bulan, Kelompok Bermain Sekolah Nusantara (NS) berhasil meningkatkan keterampilan pra-literasi anak melalui pendekatan bermain tematik yaitu bermain peran, bernyanyi, bercerita, dan kreasi seni yang sesuai gaya belajar anak. Anak-anak menunjukkan fokus lebih baik, keberanian berkomunikasi, dan peningkatan pengenalan huruf, angka, dan warna. Kelompok Bermain SN merupakan model pemberdayaan efektif yang mengintegrasikan penguatan praliterasi dan pengembangan karakter anak usia dini di komunitas marginal. Konsep pemberdayaan masyarakat ke ranah praliterasi usia dini melalui kelompok bermain dapat diterapkan di wilayah serupa dan menjadi kontribusi nyata bagi perbaikan budaya literasi bagi keluarga nelayan.
Unduhan
Referensi
Astari, T., Aisyah, S. N., & Sari, D. A. (2020). Tanggapan Guru Paud Tentang Pemberian Reward Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study, 1(2), 141-155. http://dx.doi.org/10.33853/jecies.v1i2.
Azizah, S. M. (2019). Pengasuhan Demokratis dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Tempat Penitipan Anak Ibunda Ponorogo. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 6(1), 6(1). https://doi.org/10.53627/jam.v6i1.3631
Basyiroh, I. (2017). Program pengembangan kemampuan literasi anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 3(2),(120-134.). https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p120-134.646
Colahan, E. (2025). Designing effective library treasure hunts: Theory, practice, and framework alignment. The Journal of Academic Librarianship, 51 (3)(103048). https://doi.org/10.1016/j.acalib.2025.103048
Doshi, A., Weinert, S., & Attig, M. (2024). Self-regulatory abilities as predictors of scientific literacy among children in preschool and primary school years. Learning and Individual Differences, 114(102515). https://doi.org/10.1016/j.lindif.2024.102515
Fathy, R. (2019). Modal Sosial: Konsep, Inklusifitas Dan Pemberdayaan Masyarakat. Sosioglobal?: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 3(2), 35. https://doi.org/10.24198/jsg.v3i2.21267
Jin, X., Zhang, D., & Chevalier, N. (2024). Influences of social and non-social rewards on cognitive control in childhood. Cognitive Development, 69, 101413. https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2023.101413
Karima,R., & Kurniawati, F. (2020). Kegiatan Literasi Awal Orang Tua pada Anak Usia Dini. Al-Athfal. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 69–80. https://doi.org/10.14421/alathfal.2020.61-06
Mardliyah, S., Yulianingsih, W., & Putri, L. S. R. (2020). Sekolah keluarga: Menciptakan lingkungan sosial untuk membangun empati dan kreativitas anak usia dini. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665
Novrita, J., Oktavia, R., & Sari, T. Y. (2025). Making ‘Taman Baca ’ Sustainable: lessons learned from community-based non-formal education in Aceh. International Journal of Educational Development, 113, 103186. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2024.103186
Nyman, A., Lieberman, M., Snickars, M., & Persson, A. (2024). Longitudinal follow-up of hearing, speech, and language skills in 6-year-old children with congenital moderate hearing loss. International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, 186, 112148. https://doi.org/10.1016/j.ijporl.2024.112148
Ramadhan, I., & Imran, I. (2022). Kontruksi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program" Aku Belajar" Dalam Meningkatkan Literasi Anak Pemulung. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 7(1), 57–70. http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v7i1.2389
Riyanti, A., & Fauziyyah, N. H. (2025). Pelatihan Membaca sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Anak Nelayan: Reading Training as an Effort to Literacy of Fisherman’s Children. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 87-. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v10i1.8278
Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media pembelajaran anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1)(49–58). https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.48199
Setiadi, M. B., & Pradana, G. W. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Program Desa Wisata Genilangit (Studi di Desa Wisata Genilangit Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan). Publika, 881–894. https://doi.org/10.26740/publika.v10n4.p881-894
Shofiah, A. N., & Fauzi, F. (2023). Pengembangan kemampuan kerjasama anak usia dini melalui fun games circle. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 207–218. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.207-218
Sihombing, Y., Setiani, C., Wulanjari, M. E., Bakti, I. G. M. Y., Damayanti, S., Sumaedi, S., ... & Simatupang, S. (2024). Understanding the determinants of the empowered earthworm farmers’ behavior. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 10(14), 100413. https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2024.100413
Su, J., & Yang, W. (2023). A systematic review of integrating computational thinking in early childhood education. Computers and Education Open, 4, 100122. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2023.100122
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Yang, W., Liang, L., Xiang, S., & Yeter, I. H. (2025). Making a Makerspace in early childhood education: Effects on children's STEM thinking skills and emotional development. Thinking Skills and Creativity, 56, 101754. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2025.101754
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Lifelong Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.











