Motivasi Peserta Didik Dalam Mengikuti Pembelajaran Program Kesetaraan Paket B di PKBM Karya Agung Tangerang Banten

Penulis

  • Ika Rizqi Meilya Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang
  • Ayuni Shirotul Jannatun Prawitha Putri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.59935/lej.v1i1.5

Kata Kunci:

motivasi belajar, pendidikan kesetaraan, PKBM

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar peserta didik, faktor pendukung dan penghambat motivasi belajar peserta didik program kesetaraan paket B di PKBM Karya Agung, Cibodas, Kota Tangerang, Banten. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik dan pedoman pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi literatur. Sumber data penelitian ini terdiri dari 10 orang, yaitu 3 tutor dan 7 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, motivasi belajar peserta didik program kesetaraan paket B di PKBM Karya Agung memiliki hasil yang cukup tinggi dilihat dari motivasi intrinsik maupun ekstrinsik seperti keinginan diri untuk lebih baik, kepuasan terhadap sarana dan prasarana pembelajaran, kebiasaan baik dalam belajar dan sebagainya. Faktor pendukung dan faktor penghambat motivasi belajar peserta didik program kesetaraan paket B di PKBM Karya Agung, Cibodas, Kota Tangerang, Banten terdiri atas faktor internal yaitu faktor fisik dan eksternal yaitu faktor non sosial.

Kata kunci: motivasi belajar, pendidikan kesetaraan, PKBM

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-04-30

Cara Mengutip

Meilya, I. R., & Putri, A. S. J. P. (2021). Motivasi Peserta Didik Dalam Mengikuti Pembelajaran Program Kesetaraan Paket B di PKBM Karya Agung Tangerang Banten. Lifelong Education Journal, 1(1), 66–75. https://doi.org/10.59935/lej.v1i1.5

Terbitan

Bagian

Artikel