Pemanfaatan Museum Sonobudoyo Sebagai Sumber Belajar Untuk Masyarakat

Penulis

  • Yudan hermawan Universitas Negeri Yogyakarta
  • Muhammad Dhiauddin Ahnaf Universitas Negeri Yogyakarta
  • Fitta Ummaya Santi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59935/lej.v1i1.6

Kata Kunci:

sumber belajar masyarakat, museum, museum sonobudoyo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manfaat Museum Sonobudoyo sebagai sumber belajar untuk masyarakat, khususnya Yogyakarta dan sekitarnya. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara dengan informan yang terdiri dari petugas dan pengunjung museum. Sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode verivikasi validitas data menggunakan metode triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil dari penelitian menunjukkan Museum Sonobudoyo bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar untuk masyarakat khusunya pada pembelajaran yang berkaitan dengan sejarah dan kebudayaan. koleksi yang cukup lengkap dan informatif (baik dari informasi yang tercantum pada tiap koleksi maupun dari pemandu museum) sangat memudahkan para pengunjung museum untuk mendapat pengetahuan tentang kebudayaan dan sejarah, sehingga pengunjung tidak hanya sekedar melihat – lihat saja, melainkuan juga mempelajari melalui koleksi dalam Museum Sonobudoyo. Museum Sonobudoyo termasuk sumber belajar yang dibuat, yaitu sumber belajar yang memang sengaja dibuat untuk kepentingan pembelajaran/ Pendidikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-04-30

Cara Mengutip

HERMAWAN, Y., Dhiauddin Ahnaf, M. ., & Ummaya Santi, F. . (2021). Pemanfaatan Museum Sonobudoyo Sebagai Sumber Belajar Untuk Masyarakat. Lifelong Education Journal, 1(1), 81–90. https://doi.org/10.59935/lej.v1i1.6

Terbitan

Bagian

Artikel