Peran PKBM Cemerlang Wonosobo dalam Memberdayakan Perempuan Menuju Kemandirian Berwirausaha
DOI:
https://doi.org/10.59935/lej.v2i1.77Kata Kunci:
PKBM, Pemberdayaan, Perempuan, Kemandirian, BerwirausahaAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran PKBM Cemerlang Wonosobo yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan menuju kemandirian berwirausaha, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan program – program pemberdayaan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di PKBM Cemerlang Wonosobo. Subjek penelitian berjumlah 1 Pemimpin PKBM, 2 Penglola Program, 2 Instruktur , dan 5 Peserta Pelatihan Pemberdayaan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peran PKBM Cemerlang Wonosobo dalam memberdayakan perempuan menuju kemandirian berwirausaha adalah sebagai berikut : membuat dan melaksanakan dua program yang terdiri dari program pelatihan pendidikan kecakapan wirausaha dan program pelatihan pemberdayaan dalam unit usaha. Faktor pendukung program yaitu kualitas pengelola yang bagus, strategi perencanaan program yang matang, intruktur yang berpengalaman, sarana dan prasarana yang mendukung, partisipasi peserta pelatihan, mitra kerja yang baik, sedangkan faktor penghambatnya adalah , terbatasnya kuota peserta, kurangnya kepercaya dirian peserta pelatihan , ketergantungan peserta pelatihan, prasangka buruk, terbatasnya waktu , ekpektasi yang terlalu tinggi.
Unduhan
Referensi
Badan Pusat Statistik Kabupaten Wonosobo.(2021).Wonosobo dalam Angka Tahun 2021.Wonosobo.Katalog : 11020001.3307.
Dutta, Madhura. (2015). Women’s Empowerment through Social Theatre: A Case Study. Journal of Creative Communications.DOI: 10.1177/0973258615569951.
Malik, Abdul. Sungkowo Edy Mulyono. (2017). Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal melalui Pemberdayaan Masyarakat. Volume1(1):87-101. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. p-ISSN 2549-1539e-ISSN 2579-4256
Mohamad. Noorkartina, Hock-Eam Lim, Norhafezah Yusof, Jan-Jan Soon, (2015) "Estimating the effect of entrepreneur education on graduates’ intention to be entrepreneurs", Education + Training, Vol. 57 Issue: 8/9, pp.874-890,DOI : 10.1108/ET-03-2014-0030.
Moleong, L.J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyono, Sungkowo Edy. (2020). Model Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Jalur Pendidikan Non Formal Di Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Jurnal Edukasi. Vol 14, No 1. P-ISSN 0852-0240 E-ISSN 2746-4016.
Murniati, Nunuk P,. (2004). Getar Gender: Perempuan Indonesia dalam Perspektif Sosial, Politik, Ekonomi, Hukum, dan HAM. Magelang: Indonesiatera.
Nawawi, H. (2005). Metode penelitian bidang sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
Sharma, Subhash. 2017. The Dynamics of Women’s Empowerment: A Critical Appraisal. Sage Publication. Journal of Social Change. 47(3) 387–405. DOI: 10.1177/0049085717712822.
Sihombing, U. (1999). Pendidikan Luar Sekolah, Kini dan Masa Depan. Jakarta : PD Mahkota.
Sihombing. & Gutama. (2000). PKBM dalam perspektif pendidikan luar sekolah. Jakarta:Depdiknas.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suminar, Tri. Bagus Kisworo. & Ustman. (2018). Model of Women Empowerment of Samin Community through Training on Social Entrepreneurship Based on Local Culture. Atlantis Press. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. Volume 293. ISBN 978-94-6252-652-5 ISSN 2352-5398.
Sutarto, J., Raharjo, T. J., & Shofwan, I., (2020). Social Entrepreneurship Character-based Learning Design at the Center for Community Learning Activities. PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 6(1), 69- 80.DOI-10.20319/pijss.2020.61.6980.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Lifelong Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.