Penerapan Pendidikan Orang Dewasa pada Pemberdayaan Masyarakat Tani
Studi di Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.59935/lej.v2i1.91Kata Kunci:
Penerapan, Pemberdayaan, Masyarakat TaniAbstrak
Pendidikan orang dewasa merupakan pendidikan kepada orang dewasa sesuai waktu yang orang dewasa miliki agar menumbuhkan minat belajar secara berkelanjutan sepanjang hidupnya.Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan pendidikan orang dewasa pada pemberdayaan masyarakat tani dikelurahan Setiawargi. Metode yang digunakan pada penelitian metode fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendidikan orang dewasa memiliki enam asumsi belajar orang dewasa diantaranya adalah konsep diri temuannya ialah mandiri dan percaya diri, pengalaman temuannya ialah pengalaman pribadi dan pengalaman orang lain, kesiapan belajar yaitu materi relevan dengan kehidupan nyata, orientasi ke arah kegiatan belajar yaitu berpusat dan berpusat pada warga belajar, kebutuhan terhadap kemampuan yaitu orang dewasa belajar karena memiliki alasan dan tujuan dan motivasi yaitu motivasi internal dan eksternal. Pada penerapannya pendidikan orang dewasa berperan penting untuk membentuk kepribadian petani sesuai keadaan mereka sebagai orang dewasa. Proses pemberdayaan masyarakat tani menggunakan langkah-langkah pemberdayaan yaitu pemungkinan didalamnya ada pengembangan potensi, penguatan yaitu pengetahuan dan kemampuan, perlindungan didalamnya ada pembentukan kelompok dan kerjasama, penyokongan yaitu adanya pendampingan dan dukungan dan pemeliharaan didalamnya ada monitoring dan evaluasi. Hasil pemberdayaan masyarakat tani adalah terciptanya petani yang memiliki ilmu pengetahuan dan kemampuan mumpuni untuk memberdayakan diri dan potensi alam. Hasil penerapan pendidikan orang dewasa pada pemberdayaan masyarakat tani yaitu masyarakat tani belajar menggunakan asumsi belajar orang dewasa untuk melaksanakan langkah-langkah proses pemberdayaan masyarakat tani karena sesuai dengan situasi dan kondisi mereka. Simpulan dengan adanya penerapan pendidikan orang dewasa pada pemberdayaan masyarakat tani membuat produktivitas petani semakin meningkat, mampu mengembangkan potensi diri dan potensi wilayah yang mereka miliki, memiliki inovasi pertanian dan meningkatkan ilmu pengetahuan serta kemampuan petani.
Unduhan
Referensi
Buku:
Anisah Basleman dan Syamsu Mappa. (2011). Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Knowles, M. S., Holton, E.F., & Swanson, R.A. (2005). The Adult Learner : The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development. Boston: Taylor & Francis Ltd
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suharto, Edi. (2017). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: PT Refika Aditama
Sukino. (2020). Membangun Pertanian Dengan Pemberdayaan Masyarakat Tani Terobosan Menanggulangi Kemiskinan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Winarti, Agus. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Konsep dan Aplikasi). Bandung : ALFABETA
Zulkarnain, Wildan. (2014). Dinamika Kelompok Latihan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:
Megawati, Apriliyana. (2013). Penerapan Prinsip Pembelajaran Orang Dewasa (Andragogi) Pada Program Life Skill di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pati. In Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Wardani (2016). Konsep Pembelajaran Student Centered Learning di Perguruan Tinggi. In Skripsi Jurusan Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
Artikel dalam Jurnal:
DJONI, SUPRIANTO, & CAHRIAL, E. (2016). Kajian Alih Fungsi Lahan Pertanian Pangan Di Kota Tasikmalaya. Mimbar Agribisnis, 1(9), 1689–1699.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Lifelong Education Journal
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.