Studi Tentang Penerapan Character Building Di Sekolah Dan Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.59935/lej.v2i1.45Kata Kunci:
Character Building, Madrasah, pendidikan, sekolahAbstrak
Penelitian kualitatif ini membahas pembentukan karakter di sekolah dan madrasah. Tulisan dengan studi kepustakaan ini fokus pada tiga hal, yaitu penerapan pembentukan karakter; peran guru, serta pendukung dan penghambat pembentukan karakter. Penelitian ini menghasilkan beberapa hal berikut. Pertama, penerapan pembentukan karakter dapat dilakukan dengan menggunakan delapanbelas nilai budaya dan karakter bangsa yang dirumuskan pendidikan nasional Indonesia dan lainnya. Kedua, peran guru dalam pembentukan karakter, antara lain: evaluator, motivator, konselor, pembimbing, dan mediator demi terbentuknya karakter peserta didik secara maksimal. Ketiga, faktor pendukung pembentukan karakter, antara lain: pengalaman pra sekolah, tingkat kecerdasan, kreativitas, motivasi belajar, sikap dan kebiasaan belajar, serta lingkungan sekolah yang positif. Keempat, faktor penghambat pembentukan karakter, antara lain: kukuhnya pengaruh paham behaviorisme dalam sistem pendidikan, kapasitas SDM pendidik yang masih rendah, tuntutan zaman yang semakin pragmatis, sikap dan pendirian yang kurang menguntungkan bagi tegaknya demokratisasi pendidikan, dan beberapa hal lainnya.
Unduhan
Referensi
Daryanto. (t.t). Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Penerbit Apollo Lestari.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Echols, John M. & Hassan Shadily. (2003). Kamus Inggris Indonesia, An English-Indonesian Dictionary. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Fitri, Agus Zaenul. (2012). Pendidikan Karakter berbasis Nilai dan Etika Di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hadi, Sutrisno. (1989). Metodologi Research Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset.
Kesuma, Dharma. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mardalis (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Meoko, Aditya Ramadhani. (2021) “Character Building” dalam http:adityaramahanim. wordpress.com, diakses pada 30 Oktober 2021.
Megawangi, Ratna. (2017). “Membangun SDM Indonesia melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter”. Makalah diakses dari www.usm.mainc.edu/psy/gayton pada 25 September 2017.
Muslich, Masnur. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya.
Naim, Ngainun. (2012). Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz Media
Nazir (1988). Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Poerwodarminto, W.J.S. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rosyid, Nur, dkk, (2013). Pendidikan Karakter. Purwokerto: Obsesi Pers.
Rusnak, Tiromothy. (1999). An Integrted Approach to Chacacter Aducation. California: A Sage Publications Compani.
Shofwan, Arif Muzayin, (2013). “Membentuk Generasi Berkarakter melalui Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah”, dalam Arif Setiawan, dkk., (Ed), 2017. Menyelamatkan Masa Depan Generasi Emas Bangsa (Catatan Kritis dan Sharing Pengalaman Guru di Indonesia). Malang: UMM Press.
---------, (2015). “Character Building melalui Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus di MI Miftahul Huda Papungan 01 Blitar” dalam Episteme Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, Vol. 10, No. 1, Juni 2015.
Supriyadi, Dedi (2004). Membangun Bangsa Melalui Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Usman, Nurdin (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo.
Wibowo, Agus (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Pembangunan Karakter Bangsa Berperadapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiyani, Novan Ardy (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras.
Zuriah, Nurul (2011). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.
Zubaedi, (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Zuhdiah, Irma Fitri (2018), “Implementasi Character Building di MIN Sumberjati Kademangan Blitar”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Lifelong Education Journal
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.