Pengelolaan Pembelajaran pada Pelatihan Pengelola Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya
DOI:
https://doi.org/10.180685/lej.v2i2.135Kata Kunci:
pengelolaan pembelajaran, perencanaan, pelaksanaan, evaluasiAbstrak
Peningkatan kompetensi dalam pendidikan nonformal membutuhkan pengelolaan pembelajaran yang efektif mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada kenyataanya dewasa ini, sebagian masyarakat belum menerima akses untuk pendidikan non formal.. Padahal untuk mendapatkan kesempatan kerja yang layak dibutuhkan layanan pendidikan nonformal yang dapat meningkatkan kompetensi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengelolaan pembelajaran secara daring pada pelatihan pengelola pusat pelatihan pertanian dan perdesaan swadaya (P4S) di balai besar pelatihan pertanian (BBPP) Ketindan yang ditinjau dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis data kualitatif Miles dan Hubberman. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan pembelajaran pada pelatihan pengelola P4S meliputi: (a) proses perencanaan pelatihan disusun oleh seksi program dan kerja sama yang diawali dengan kegiatan identifikasi kebutuhan pelatihan di lapangan, penyusunan judul pelatihan kemudian penentuan sasaran pelatihan dan penganggaran biaya pelatihan sesuai dengan rencana kegiatan yang disusun, (b) pelaksanaan kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Orang Dewasa/Andragogi dan dilakukan secara online dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS) melalui situs e-learning BBPP Ketindan, proses pelaksanaan pelatihan dikelola oleh seksi penyelenggaraan pelatihan non aparatur, (c) kegiatan evaluasi mencakup kegiatan evaluasi awal atau pre-test yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta sebelum mengikuti kegiatan pelatihan, dan evaluasi akhir atau post-test yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peneningkatan pengetahuan peserta pelatihan sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan pelatihan.
Unduhan
Referensi
Adicahya, Y. (2020). Optimalisasi Fungsi Perencanaan pada Program Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Keagamaan di Balai Diklat Keagamaan Bandung. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 5(3), 263–284. https://doi.org/10.15575/tadbir.v5i3.2105
Andzarini, N. (2020). Manajemen Pelatihan Operator Komputer (Tingkat Lanjutan) di Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja Kabupaten Kudus. In Orphanet Journal of Rare Diseases. https://doi.org/10.1155/2010/706872
Arman, La. (2019). Penerapan Metode “Brainstorming” Pada Diklat Masyarakat Budidaya dan Pengolahan Aren Kabupaten Pangkep. Jurnal Ecosystem, 19(April), 1–9. https://journal.unibos.ac.id/eco/article/view/889
Chidmat, H. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal , Pengalaman Berusaha Tani Dan Kinerja Pengelola P4S Terhadap Kualitas P4S Di Provinsi. Jurnal AgriWidya, 1(1), 44–58. http://repository.pertanian.go.id/handle/123456789/10120
Dedi, S.,M & Hasrudy, T. (2020). Pengaruh Kompetensi, Pelatihan, dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. 3(2), 283-295, http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/5130/4630
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89
Dwi, R. A., & Roesminingsih, E. (2021). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(4), 952–964. https://doi.org/10.31227/osf.io/k8v39
Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 117–140. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/396/380
Haerana, N., & Arafa, R. (2018). Analisis Pengelolaan Keuangan pada PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Parepare. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 4(2), 25–40. https://doi.org/10.35906/jep01.v4i2.268
Hidayat, D. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kewirausahaan Masyarakat Program Kejar Paket C. Journal of Nonformal Education, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.15294/jne.v3i1.8727
Musrifah, A. (2017). Pembuatan Aplikasi Pengelolaan Proposal Di Unit Kegiatan Pengelola (Upk) Kecamatan Mande Berbasis Desktop. Media Jurnal Informatika, 9(1), 28–36. http://jurnal.unsur.ac.id/mjinformatika
Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7.
Rahargo, U., & Jannah, L. M. (2020). Tantangan Dalam Pengembangan Program Pelatihan Balai Diklat Industri di Era Revolusi. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 61–69. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/kebijakan/article/view/2894
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Junal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 215–224. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20887
Widianto, E. (2018). Pola Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Di Balai Diklat Keuangan Kota Malang. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 40–49. https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p040
Yulianingsih, W., & Machfud, S. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik LBB Taman Pintar Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan. J+ Plus Unesa, 7(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/36/article/view/26712
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Lifelong Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.